Minggu, 09 Juni 2013

Ilmu Dasar Komputer

Bagi Anda mungkin telah mengetahui benda ini dan sudah akrab dengan benda yang satu ini , alangkah baiknya Anda memahami dasar-dasar komputer berikut ini:

Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
  • Prosesor (pemroses)
  • Memori
  • Penyimpanan sekunder 
  • Perangkat Input (masukan)
  • Perangkat Output (keluaran)
Bagian pemroses lebih dikenal dengan CPU(Central Processing Unit), mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip dan berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.
PERALATAN INPUT (INPUT DEVICE)
Peralatan Input adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data, sehingga data tersebut dapat di olah oleh pemroses atau biasa di sebut Prosesor
contoh : 

  1. .Keyboard. Berfungsi untuk menginput data berupa huruf, angka, simbol ke dalam komputer.selain itu juga keyboard memiliki tombol khusus untuk mengoprasikan komputer
  2. Mouse. Merupakan penggerak pointer yang ada pada komputer. alat ini memudahkan dalam mengoprasikan komputer
  3. Scanner.berfungsi untuk memindai data yang tertulis di kerta, dan akan di transfer ke hard disk untuk di proses lebih lanjut.
  4. Mikrophone. Berfungsi untuk menympan masukan suara dalam bentuk digital.
  5. Kamera (Web Cam). Berfungsi untuk untuk merekam dan mengambil gambar. Biasa nya digunakan untuk Video Chat

PERALATAN OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
Peralatan Output Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara (melalui Speaker).
Output device juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Contoh dari perangkat Output :
  1. Printer. Alat ini digunakan untuk mencetak hasil data yang telah diolah ke dalam bentuk kertas
  2.  Monitor. Alat ini menampilkan data yg telah di proses dalam bentuk tampilan, tidak seperti printer yang berupa kerta
  3.  Speaker. Alat ini digunakan untuk menampilkan hasil data dalam bentuk suara. digunakan utuk mendengarkan lagu DLL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar