Rabu, 25 November 2015

Teknik Sampling Probabilistik dan Non Probabilistik

1. Tekhnik Sampling Probabilistik
          Teknik sampling probabilistik adalah teknik yang memberikan peluang atau kesempatan bagi setiap unsur(anggota) populasi untuk menjadi anggota sampel. Selain itu probabilistik melakukan pemilihan sampel tidak secara subyektif,dalam arti sample yang dipilih tidak semata-mata sesuai dengan keinginan si peneliti, sehingga setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama (acak) untuk terpilih secara sampel, dengan demikian pemilihan sampel dapat digunakan untuk mendukun karakteristik populasi secara obyektif.

     Metode Penarikan sampel secara Probabilistik

  •     Sampel Acak Sederhana

             Suatu prosedur yang memungkinkan setiap elemen dalam populasi akan memiliki peeluang                yang sama untuk dijadikan sampel.
  • Sampel Berstrata
             Suatu prosedur penarikan sampel berstrata yang dalam hal ini suatu subsampel-subsampel                    acak sederhana ditarik dari setiap strata yang kurang lebih sama secara karakteristik. sampel                berstrata memilik dua jenis yaitu; proporsional dan non proporsional.
  • Sampel Berkelompok
             Merupakan suatu prosedur penarikan sample probabilistas yang memilih sub populasi yang 
            disebut cluster, kemudian setiap elemen dalam kelompok dipilih sebagai anggota sampel
  • Sampel Sistematik
           Metode penarikan sampel sistematik, populasi dibagi dengan ukuran sampel yang diperlukan 
           (n) dan sampel diperoleh dari pengambilan subyek ke-n.

2. Teknik Pengambilan Sampel Non-Probability

         Terdapat  lima teknik pengambilan teknik sampling non probabilistik. Berikut ini adalah uraian penjelasan dari ke lima teknik sampling non probabilistik: (Al-Assaf, 2009)
  •     Teknik Haphazard

             Teknik hapzard adalah teknik pengambilan sampel dimana satuan pengamatannya diperoleh                secara sembarangan atau sedapatnya.
  •    Teknik Voluntary

             Teknik voluntary adalah teknik yang dilakukan jika satuan sampling dikumpulkan atas dasar              sukarela.
  •  Teknik Purposive

             Teknik purposive merupakan teknik  pengambilan sampel yang dilakukan dengan memilih                  satuan sampling atas dasar pertimbangan sekelompok pakar di bidangilmu yang sedang                        diteliti
  • Teknik Snowball

             Teknik snowball merupakan teknik pengambilan sampel dimana satuan pengamatan diambil                berdasarkan informasi dari satuan pengamatan sebelumnya yang sudah terpilih.
  •  Teknik Kuota

           Teknik pengambilan sampel ini banyak diterapkan pada penelitian pasar dan penelitian                        pengumpulan pendapat (opinion poll) atau jejak pendapat. Teknik dilakukan dengan                            melakukan penjatahan terhadap kelompok satuanpengamatan secara berjenjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar